Kasih Setia TUHAN Bagi Kita

Sebab Engkau, ya TUHAN, baik dan suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepada-Mu. (Mazmur 86:5)

Segala puji, syukur, dan hormat hanya bagi TUHAN YESUS KRISTUS. Saudara/saudariku yang terkasih, selama kita hidup pasti kita semua pernah merasakan Kasih Setia TUHAN dalam hidup kita, baik kita sadar atau pun tidak sadar, Kasih Setia TUHAN itu tetap menyertai hidup kita, di dalam kondisi apa pun dan bagaimana pun.

Saya menyaksikan Kasih Setia TUHAN dalam kehidupan saya, ketika semuanya tidak ada lagi harapan dan semua jalan terlihat begitu gelap. Saya akan menceritakan background saya, Saya adalah anak ke dua dari tiga bersaudara, saya mempunyai kakak laki-laki dan adik perempuan. Bisa dibilang karena saya adalah anak yang ke dua (second), jadi cinta yang saya dapat juga rasanya seperti second. Tapi sepertinya itu tidaklah benar, karena ternyata orang tua kita itu mengasihi kita sama. Orang tua kita tidaklah sempurna, karena mereka juga sama seperti kita, mereka juga pasti bisa melakukan kesalahan. Mereka bukan orang yang bisa selalu benar, walaupun mereka berusaha memberikan semua yang terbaik bagi kita dan seperti ‘pahlawan’ yang selalu melindungi, menjaga, dan memberikan semua yang kita perlu.

Tapi sadarlah mereka juga tidak sempurna, mereka bisa melakukan kesalahan sama seperti kita juga. Saya pernah terluka tetapi saya dipulihkan TUHAN YESUS KRISTUS. Yang pertama kali mendapat jamahan TUHAN adalah kakak saya yang laki-laki, kemudian saya, dan adik saya. Saya tidak tahu bagaimana cara TUHAN menjamah kehidupan kakak saya dan adik saya, saya akan ceritakan bagaimana TUHAN menjamah saya.

Saya pernah tidak mau pergi ke gereja dan persekutuan, karena dahulu saya menganggap itu semua tidak penting dan memang sepertinya tidak ada kesadaran untuk hal itu pada saat itu. Sampai akhirnya saya diajak dalam persekutuan pemuda setelah sekian lama tidak pernah ke gereja, singkatnya setelah sekian lama saya mengikuti ibadah pemuda dan umum saya dijamah TUHAN di tengah orang-orang yang sedang menyembah di kebaktian raya pada waktu itu.

TUHAN berbicara sangat jelas melalui seorang hamba-Nya, “ampuni papamu!”, pada waktu itu saya belum dapat lakukan itu karena beberapa hal dan saya tidak mendengarkan apa yang TUHAN katakan untuk saya. Sampai akhirnya saya benar-benar dijamah dengan Kasih Sejati Seorang Bapa Yang Sempurna, akhirnya saya berkata “ok, saya mau TUHAN!“, dengan kekuatan dan pertolongan-Nya saya dapat merasakan kembali kasih yang dahulu hilang, TUHAN membuat semuanya menjadi begitu indah ketika saya mengampuni. Pengampunan adalah kunci untuk kita membuka kasih yang sebenarnya berhak kita rasakan. Iblis sedang membuat mata anak-anak tidak bisa lagi melihat kasih dari orang tuanya, ketika itu terjadi maka banyak anak-anak yang hidupnya hancur karena tidak bisa melihat lagi kasih yang orang tua mereka berikan. Ketika saya mengampuni, saya merasakan kasih yang seharusnya berhak saya rasakan, yaitu kasih seorang bapa. Tidak ada orang tua mana pun yang tidak mengasihi anaknya, seburuk apa pun pasti masih terselip kebaikan dan kasih di dalam hati.

Sampai hari ini keluarga saya dipulihkan TUHAN, itu semua karena Kasih Setia TUHAN yang tidak pernah habis dan hilang dalam hidup saya. Saya merasakan Kasih Setia TUHAN yang begitu BESAR, tidak akan habis kalau saya ceritakan. Bagaimana DIA menyembuhkan saya ketika saya sakit sekarat, saya waktu kecil pernah sakit parah sehingga kaki saya seperti lumpuh dan saya tidak bisa bangkit dari tempat tidur. Saya tidak bisa makan dan minum, sehingga saya harus dibawa ke rumah sakit, segera di infus, dan mendapat perawatan.

Singkatnya, di dalam kekalutan yang begitu menekan ibu saya dan saya sepakat berdoa dan memohon belas kasihan TUHAN, sehingga TUHAN Hadir dengan Kasih Setia-Nya dan menjamah saya. Rasanya seluruh tubuh saya panas seperti terbakar api, di dalam Hadirat-Nya yang sangat terasa DIA mejamah dan menyembuhkan saya seketika. Keesokan harinya ayah saya bingung melihat saya bisa berlari lagi, padahal sebelumnya saya seperti orang lumpuh dan tidak bisa berjalan karena kaki saya sudah tidak kuat berjejak.

Tapi meskipun saya sudah melihat mujizat yang seperti itu, jika saya renungkan ke belakang hidup saya masih sesuka saya dan tidak sungguh-sungguh dalam TUHAN. Saya pernah mencoba merokok dan berhenti, karena waktu itu ditawarkan seorang teman yang cukup dekat. Di sekolah juga saya cukup nakal. Tapi TUHAN buktikan bahwa DIA memang benar-benar mengasihi saya, dengan Kasih Setia-Nya DIA menjadi penopang bagi saya ketika saya gagal. Saya dihadapkan pada jalan buntu, saya diijinkan mendapat kegagalan yang sangat menyakitkan untuk saya. Setelah lulus SMA saya mendaftar masuk perguruan tinggi, saya belajar semaksimal mungkin agar saya mendapatkan perguruan tinggi negeri yang terbaik, tapi yang saya dapat adalah kegagalan. Ketika saya online di sebuah tempat yang menjajakan internet, mengetahui saya tidak lulus itu seperti mendengar bunyi petir yang sangat keras di siang hari, saya pulang dengan jalan yang berat dan pengharapan yang hampir hilang. Jujur saja saya merasa sangat kecewa waktu itu, saya marah dan sangat kecewa dengan TUHAN. Papa pun saat itu sempat kecewa karena saya tidak lulus SNMPTN dan saya tidak menyalahkannya karena hal itu. Ia berhak kecewa sebagai orang yang telah menghidupi saya.

Tidak bisa saya pungkiri, saat itu keadaan saya sangat kritis , hidup saya sepertinya berantakan, cita-cita saya sepertinya hilang. waktu itu saya hanya bergantung dan berteriak kepada TUHAN, waktu saya membaca Firman, mata saya ditujukan pada satu ayat:

“Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah! Aku ditinggikan di antara bangsa-bangsa, ditinggikan di bumi!” [Mazmur 46:11]

Waktu itu saya mulai percaya tapi dengan sedikit ragu. Pada suatu waktu dalam sesi ibadah TUHAN berbicara untuk saya melalui hamba TUHAN pada waktu penyembahan, kira-kira seperti ini, “Kenapa kamu takut? Akulah TUHAN! Akulah TUHAN! Aku memegang tanganmu dengan tangan Kanan-Ku yang membawa kemengan! Jangan takut!” pada waktu itu saya tidak tau apa yang harus saya katakan, karena saya begitu hancur, jadi saya menangis disitu, jujur saya tidak mau menangis, tetapi air mata saya sudah bercucuran dan mengalir begitu saja. Waktu saya baca Firman yang dikatakan hamba TUHAN itu ada tertulis di Alkitab, karena itu saya tau bahwa TUHAN YESUS KRISTUS yang waktu itu sedang berbicara dengan saya melalui hamba TUHAN.

Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan. [Yesaya 41:10]

Percayalah bahwa di dalam segala hal Kasih Karunia-Nya yang selalu mencukupkan kita dan kita selalu dapat melewati semuanya dengan Kasih Karunia-Nya.

Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku bekerja sempurna.” Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku. [2 Korintus 12:9]

Kita tidak akan tau bahwa TUHAN itu KUAT, sampai DIA bekerja melalui kelemahan kita dan membuktikan bahwa DIA memang sangat KUAT. Jangan lihat masalah dengan mata telanjang, melihatlah dengan iman, karena ketika kamu melihat dengan iman kamu sanggup membuat gempa bumi dan memindahkan gunung masuk ke laut. TUHAN senantiasa membawa iman kita bertumbuh dengan memperlihatkan kepada kita hal yang mustahil bagi kita ketika kita melihat dengan kasat mata, tapi menjadi “ya dan amin!” ketika kita melihat dengan iman.

– sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat- [2 Korintus 5:7]

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah Firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. [Yeremia 29:11]

Saya dan kamu begitu spesial di mata TUHAN, itulah sebabnya DIA mau turun dari Sorga dan mati di Kayu Salib. Jangan pernah lupakan bahwa kamu memang benar-benar berharga di Mata-Nya. Kita itu seperti berlian, orang yang tidak mengerti berlian tidak akan dapat membedakan yang manakah berlian dan manakah yang bukan berlian. Berlian dapat terlihat sama seperti batu-batu perhiasan lain, tapi jangan lupakan bahwa dengan satu butir berlian yang kecil kita dapat membeli ratusan butir batu perhiasan yang terlihat sama seperti berlian tapi bukan berlian.

berlian

Itulah sebabnya orang lain tidak dapat mengerti betapa sebenarnya kita berharga, karena kita terlihat seperti berlian yang indah di Mata TUHAN, dan orang lain tidak dapat melihat dan tahu itu.

Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu. (Yesaya 43:4)

Apa pun yang sudah kamu lakukan, itu tidak akan mengubah bahwa kamu sangat berharga. TUHAN mau kita kembali kepada-Nya, dan hidup untuk-Nya dengan memberikan yang terbaik bagi-Nya disetiap detik. Tidak masalah jika kita masih sering gagal dan belum sempurna hidup di dalam-Nya, berusahalah terus. Jangan katakan seperti ini, “saya bukan malaikat! saya manusia biasa!!“, memang kita manusia biasa, tapi kita mempunyai TUHAN yang tidak biasa, ketika kita mau berusaha hidup untuk-Nya, kita akan disempurnakan oleh-Nya. Sampai akhirnya kita bisa sempurna dan serupa dengan Gambaran-Nya.

Don’t be envious of sinful people; let reverence for the LORD be the concern of your life. If it is, you have a bright future. (Proverbs 23:17-18) Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul. (1 Korintus 9:26)

Hiduplah fokus untuk-Nya dan berlarilah mengejar-Nya..

berlari

Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya TUHAN, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala. ( 1 Tawarikh 29:11)

Ingat, kamu adalah berlian termahal yang pernah ada bagi-Nya

Jangan marah, kecewa, dan pahit dengan orang tuamu. Kita tidak akan beruntung karena itu. Datanglah pada TUHAN dan nikmatilah kasih sejati yang sanggup mengubahkan seluruh kehidupan kita. Jangan juga kecewa dengan TUHAN, karena dalam situasi sesulit apa pun, Ia masih dapat menolongmu asal engkau percaya. Jangan tuduh Dia dan berprasangka buruk, cukup ketahui Dia TUHAN dan percaya. Jangan katakan yang lainnya. Jika berdoa, katakanlah jujur kalau kita takut, tapi di samping itu perkatakan juga janji-janji-Nya dan percaya.

Segala Kemuliaan hanya bagi Nama TUHAN YESUS KRISTUS!

Pos ini dipublikasikan di Kesaksian. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

