Mengenal TUHAN

Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan, dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan, dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang. Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita. Tetapi barangsiapa tidak memiliki semuanya itu, ia menjadi buta dan picik, karena ia lupa, bahwa dosa-dosanya yang dahulu telah dihapuskan.
(2 Petrus 1:5-9)

For this very reason do your best to add goodness to your faith; to your goodness add knowledge; to your knowledge add self-control; to your self-control add endurance; to your endurance add godliness; to your godliness add Christian affection; and to your Christian affection add love. These are the qualities you need, and if you have them abundance, they will make you active and effective in your knowledge of our Lord Jesus Christ.
But if you do not have them, you are so shortsighted that you cannot see and have forgotten that you have been purified from your past sins.
(2 Peter 1:5-9)

Segala Puji, syukur, hormat, kebesaran, keagungan, kejayaan, kemuliaan hanya bagi TUHAN YESUS KRISTUS, ALLAH kita.
Sebagai orang Kristen kita rindu semakin hari semakin dekat lagi dengan TUHAN, sering kita berkata “TUHAN saya ingin mengenalmu lebih dalam lagi!”. Hari ini ada rahasianya agar kita dapat mengenal TUHAN lebih dalam lagi.
Agar tidak terjadi salah paham, saya tidak berkata bahwa saya sudah berhasil dalam hal ini, tapi saya mengejarnya juga selama saya hidup. (Filipi 3:12-16)

143066_hold_my_hand

  1. Berusaha sungguh-sungguh (do your best),
    untuk menambahkan
  2. Iman (faith) –> [Yakobus 2:14-26]
  3. Kebajikan (goodness)
  4. Pengetahuan (knowledge) –> [Roma 12:2]
  5. Pengendalian diri (self-control) –> [1 Korintus 9:27]
  6. Ketekunan (endurance) –> [Ibrani 10:36]
  7. Kesalehan [goodliness/karakter ALLAH] –> [Galatia 5:22-23]
  8. Kasih akan saudara-saudara (Christian affection) –> [Galatia 5:14-15]
  9. Kasih akan semua orang (love) –> [1 Korintus 13:1-13]

Jika semua itu sudah ada pada kita dengan berlimpah-limpah, maka kita akan dibuat menjadi giat (active) dan berhasil (effective) dalam pengenalanmu akan TUHAN YESUS KRISTUS. Kenapa hal ini harus ada pada kita? Karena jika tidak, maka kita akan menjadi buta dan picik!

Lalu kenapa saya harus mengenal TUHAN? Karena hidup kita harus dipimpin oleh TUHAN.

God is good – the devil is bad – man must decide who he will yield his life to obey.
-Roberts Liardon

Pilihlah dipimpin oleh TUHAN dan bukan dipimpin oleh iblis, karena TUHAN adalah Gembala kita yang akan membawa kita ke air yang tenang dan padang rumput yang hijau. TUHAN akan memberikan kita sukacita yang berlimpah di dalam hidup kita jika kita mau dibimbing oleh-Nya.
Tapi kenapa banyak orang-orang Kristen yang merasakan kejenuhan dan hasratnya kepada TUHAN semakin hari semakin padam? Itu karena banyak orang Kristen yang tidak berjalan dengan Sumbernya yaitu TUHAN. Semakin kita menjauh dari Sumber semakin kita merasa kekeringan.

Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!
(Filipi 4:4)

TUHAN mempunyai tujuan ketika berkata seperti itu, DIA bukan TUHAN yang berkata sembarangan, jika DIA berkata seperti itu berarti DIA sanggup memberikan sukacita kepada kita lebih dari yang dunia bisa berikan. Kenapa banyak orang Kristen yang tidak merasakan sukacita itu? Mudah saja, karena mereka tidak benar-benar mencari TUHAN.
Jika kita mengerti bawa TUHAN sanggup memberikan kita sukacita, kita akan lebih sering datang kepada-Nya daripada datang kepada yang lain.

Mengenal TUHAN adalah kebahagiaan kita sebagai tanah liat yang dibuat-Nya.. (Yeremia 923-24)
Coba pikirkan apakah uang memberikanmu kebahagiaan? Apakah pacarmu memberikanmu kebahagiaan? Apakah keluargamu memberikan kebahagiaan? Apakah sekolah/kuliah/pekerjaan memberikanmu kebahagiaan? Mungkin mereka memberikan kebahagiaan, tapi itu bukanlah kebahagiaan sejati.. Karena mereka bisa tiba-tiba lenyap, terbatas, penuh kelemahan, dan tidak bisa selalu ada dan mengerti keadaan kita..
Mengenal, merasakan, dan memancarkan Kasih-Nya yang sudah menyelamatkan kita adalah kebahagiaan selama kita hidup. Jangan mau hanya mendengar dari orang lain bahwa TUHAN itu baik, tapi rasakan sendiri dalam hidup kita kebaikan-Nya itu.

Lalu apa yang menghalangi kita untuk datang kepada TUHAN?

  1. Ketidakpercayaan: Ketidakpercayaan kita bisa diibaratkan seperti tembok yang menghalangi TUHAN untuk masuk dan berkuasa atas hidup kita, jika kita tidak percaya kepada Firman-Nya, bagaimana DIA bisa masuk?
  2. Hawa nafsu (Galatia 5:24-25)
  3. Kekhawatiran (Filipi 4:6)

Semua keinginan daging kita adalah tembok yang menghalangi kita dengan TUHAN (Galatia 5:19-21). TUHAN sudah menebus kita dan DIA mau mengisi hati kita. Masalahnya adalah kita yang membangun tembok dengan pikiran-pikiran kita dan keinginan-keinginan kita yang jahat.
Biarkan DIA membimbing kita, mengkoreksi kita, dan rubuhkanlah semua tembok dengan Kuasa yang kita dapat dalam kematian dan kebangkittan-Nya! Di dalam persekutuan yang indah dengan Roh Kudus yang menghidupkan kita.
Bersandarlah kepada Anugrah-Nya, karena tanpa Anugrah-Nya kita jauh dari mampu untuk hidup sesuai dengan Kehendak-Nya. Biarkan Roh-Nya dominan di dalam hidup kita dan hiduplah di dalam-Nya.

Lalu Bagaimana caranya untuk mengalami kepenuhan hidup dalam Kristus?

Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.
(Kolose 2:6-7)

Jadi, untuk menikmati kepenuhan hidup di dalam Kristus hendaklah hidup kita:

  1. Tetap di dalam DIA;
  2. Berakar di dalam DIA;
  3. Dibangun di atas DIA;
  4. Bertambah teguh dalam iman;
  5. Hatimu melimpah dengan syukur.

Ini adalah berkat yang saya dapat, sepertinya saya terlalu egois jika berkat ini saya simpan sendiri, oleh karena itu saya juga mau semua orang mengetahui dan menikmati hal ini. Semoga apa yang saya tuliskan ini menjadi berkat dan Kemuliaan bagi Nama TUHAN YESUS KRISTUS.
Terpujilah TUHAN! segala Kemuliaan hanya bagi Nama-Nya!
Sebab TUHAN Baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya Kasih Setia-Nya!

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Share. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s