Bentuk Tubuh Ideal

Kali ini saya akan berbicara tentang bentuk tubuh yang diinginkan oleh orang-orang. Sebetulnya saya bukanlah orang bermasalah dengan berat badan, bisa makan sepuasnya, dan juga memiliki tubuh bawaan yang mudah dibentuk asal saya tidak malas untuk melakukan kegiatan fisik yang dapat membentuk otot lengan dan perut seperti push-up, sit-up, dan juga angkat beban. Tetapi belakangan ini saya sempat membaca buku OCD 2.0 edisi Wolverine and Wonder Woman. Saya sedikit banyak setuju dengan diet yang diterapkan di dalam buku ini, untuk informasi lebih lanjutnya silahkan beli bukunya.

Saya setuju dengan kata-kata dalam buku ini yang menyatakan bahwa makan pagi itu tidak harus dilakukan karena akan menimbulkan kantuk. Saya pribadi adalah orang yang suka makan pagi dan jujur setelah makan pagi saya justru mengantuk. Jadi untuk mengurangi berat badan sebetulnya cukup sederhana yaitu dengan mengurangi makan pagi dan makan malam. Makan pagi dalam bahasa Inggris disebut dengan breakfast, artinya adalah makan yang dilakukan setelah orang buka puasa. Jadi saran saya makanlah pada siang hari. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, berpuasalah sambil berolahraga. Puasa tidak merusak tubuh atau membuat otot pada tubuh kita mengecil, otot mengecil karena kita tidak melakukan aktifitas. Puasa justru membuat tubuh kita sehat dan cenderung awet muda. Puasa membuat tubuh kita lebih mudah membakar kalori.

Setelah membaca buku ini saya merasa makan pagi tidak perlu dilakukan ketika saya tidak berpuasa kemarinnya karena akan menimbulkan kantuk. Saya bukan ahli gizi atau binaragawan, tapi saran saya bacalah buku OCD tersebut dan ambil hal-hal yang menurut kamu penting untuk diterapkan. Sebelumnya saya adalah orang yang berpandangan skeptis tentang OCD, tapi ternyata buku ini ada benarnya. Diet yang selama ini orang lakukan itu salah dan bukan menyudutkan produk pelangsing, tetapi jika kita meminum obat pelangsing atau penurun berat badan dengan tetap makan seenaknya, menurut saya hasilnya pun akan percuma. Cobalah OCD, jangan makan pagi dan makan malam, atur pola makan pada siang hari, dan olahraga yang teratur. Tanpa olahraga, berat badan akan sangat sulit diturunkan. Saya adalah penderita maag, tapi saya berani berpuasa karena ketika berbuka puasa saya hanya makan makanan yang sangat ringan sekali seperti kue atau manisan. Selama berpuasa hindari makan makanan pedas, asam, dan juga berlebihan makan pada buka puasa karena justru akan merusak.

Beralih dari OCD, puasa dalam agama Kristen menurut saya tidak mengharuskan kita untuk tidak minum, jadi baik-baik saja jika minum asal tidak minum minuman penambah energi, jus buah, atau minuman yang dapat membuat kenyang. Mulainya dari jam 23.00 – 18.00 bagi yang kuat. Selain fisik saya juga akan membagikan hal yang vital dalam hal rohani terkait puasa. Puasa bukan untuk diri kita, meski bermanfaat bagi kesehatan kita, berpuasa dalam Kristen bukanlah untuk diri kita sendiri dan tidak perlu ditonjol-tonjolkan bahwa kita sedang puasa. Berpuasa adalah untuk orang lain, untuk melaksanakan hukum yang benar, dan untuk menunjukkan kesetiaan pada masing-masing (Zakharia 7:9-10). Cara yang paling sederhana adalah dengan mendoakan orang lain selama kita puasa dan bukan mendoakan diri kita sendiri atau memberi makanan bagi orang yang kelaparan. Tulisan ini sebenarnya tidak membahas lebih jauh mengenai berpuasa secara rohani melainkan lebih kepada saran-saran untuk membentuk tubuh yang ideal melalui puasa yang sebagian besar didominasi dengan buah pikir dari saya. Jadi, tulisan ini adalah bentuk buah pikir dari saya setelah membaca buku OCD. Saya tidak menyarankan untuk sepenuhnya setuju dengan tulisan ini atau dengan OCD, saya hanya berkata bahwa ada hal yang baik dari OCD dan sangat menyarankan coba baca dahulu bukunya. Semoga memberkati. GOD be praised.

Pos ini dipublikasikan di Share. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

