Perenungan Sebuah Profesi

1 Yohanes 5:19  Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat.

Sebelum saya masuk menjelaskan hubungan ayat di atas dengan sebuah profesi, saya akan masuk terlebih dahulu untuk menjelaskan perenungan yang saya alami belakangan ini. Sebelum melangkah mengambil keputusan untuk benar-benar terjun ke dalam sebuah profesi, saya merenungkan makna di balik profesi yang akan saya ambil (saya tidak mau sebutkan profesinya apa). Saya dihadapkan pada sebuah bayang-bayang dan bisikan bahwa profesi ini penuh dengan kekorupan. Namun saya tidak percaya semua perkataan tanpa menguji kebenarannya, nyatanya setiap profesi dan pekerjaan apa pun ada sisi korup di dalamnya. Jika kamu mau korup, bisa saja. Masalahnya kamu mau pilih korup atau tidak.

Saya kemudian mencoba mendengarkan orang-orang yang menjalani profesi serupa berpidato di TED seperti Peter Eigen (pelopor Transparency International), Ilona Szabo de Carvalho, dan Annie Lenox. Setelah mendengarkan mereka, kata-kata ini mulai bermunculan: “kapasitas, makna, dan tujuan.” Mereka adalah orang-orang yang memiliki kapasitas untuk melakukan gebrakan dan memiliki metode masing-masing untuk mencapai tujuannya. Tujuan mereka sebagai aktifis, ex-direktur World Bank, dan seorang pereformasi kebijakan pemerintah adalah untuk mengurangi kemiskinan (disebabkan korupsi) dan kesakitan (disebabkan HIV/AIDS, Narkoba, Peredaran Senjata Gelap). Saya bahkan sempat berpikir untuk masuk ke dalam anggota Transparency International Indonesia untuk ikut membantu memerangi korupsi ini karena, menurut saya, hampir semua penderitaan dan kemiskinan sebagian besar disebabkan oleh korupsi. Jika korupsi tidak ada, maka anggaran negara akan terpakai secara maksimal untuk pembangunan dan terbuka luasnya lapangan pekerjaan. Berkurangnya kriminal, pelacuran, dan segala macam kejahatan yang disebabkan oleh uang. Namun Alkitab yang katakan bahwa dunia ini berada di bawah kuasa si jahat. Artinya sedikit sekali kemungkinan semua kesakitan dan kemiskinan itu hilang. Bukannya saya skeptis, saya tetap akan memerangi korupsi, tapi roh-roh jahat yang mencengkram dunia akan selalu berupaya membawa itu kehadapan kita kembali selama dunia yang sudah jatuh ini dan si jahat belum dihukum.

Disamping itu semua, saya tetap yakin bahwa orang jahat akan diletakkan di atas tempat yang gelap dan licin (Mazmur 35:6) dan TUHAN masih memberikan keadilan dan kebenaran kepada manusia (Mazmur 10:18). Oleh karena itu perjuangan untuk melawan hal-hal yang saya sebutkan di atas bukan berarti sia-sia. Ini hanya selintas pikiran saya, silahkan berikan saya masukan. Semoga apa yang saya renungkan bisa bermanfaat. Tuhan Yesus Kristus memberkati.

Proverbs 11:31  Those who are good are rewarded here on earth, so you can be sure that wicked and sinful people will be punished.

Pos ini dipublikasikan di Nulis, Share dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

