Dituduh PKI

LBH Jakarta

Sebetulnya agak telat untuk berbicara hal ini, tapi saya sedikit tertarik dengan isu komunis yang kemudian di angkat ke permukaan oleh beberapa pihak. Komunis sendiri digolongkan sebagai left-wing dalam perpolitikan karena lebih condong memperjuangkan keadilan sosial dan juga egaliter. Secara singkat, PKI (Partai Komunis Indonesia) menjadi terlarang karena kekuatan militer yang diduga mengancam Pemerintahan pada saat itu.

Bahkan, saya baru tahu bahwa prinsip komunis juga bercabang ke dalam kepercayaan Kristen yang disebut sebagai Christian Communism. Ada orang-orang Kristen yang percaya bahwa prinsip komunisme ini harus dipaksakan dianut oleh pemeluk agama Kristen karena itu adalah cara hidup jemaat mula-mula yang dijelaskan dalam Kisah Para Rasul, di mana jemaat mula-mula pada saat itu hidup secara komunal, di mana properti mereka adalah milik bersama.

Saya sengaja menyatakan sisi lain dari komunisme agar pikiran kita tidak terperangkap dan sempit dalam menilai kata-kata komunis. Sangat disayangkan sebetulnya kalau NGO sekelas LBH dikategorikan sebagai komunis. Atau apakah ada pihak yang terusik dengan keberadaan mereka sehingga isu ini kemudian kembali dimainkan? Dunno. Tapi yang jelas, komunis bisa diartikan secara luas. Contohnya Slavoj Zizek, seorang filsafat yang cukup terkenal menyatakan idenya tentang komunis sebagai “invisible alienated machinery“, di mana ketika kita hidup sebagai masyarakat, tidak perlu dipusingkan dengan berbagai macam hal dan membiarkan konsep komunal yang ada di masyarakat mengambil alih dan memberikan solusi. Ia kemudian mengkritik banyak hal. Mulai dari liberal vs demokrasi, biogenetik, dll. Silahkan tonton dan simpulkan sendiri apa itu komunis setelah anda menonton pendapatnya di YouTube. Menurut saya, pandangannya luas sekali. Jauh dibandingkan dengan pandangan pihak yang mengatakan LBH adalah komunis. Entah dilihat dari mana.

Saya tidak mengatakan konsep komunis itu baik, tapi cobalah miliki pandangan yang luas dan teliti dahulu sebelum menyatakan sesuatu. Silahkan beri komentar apa pendapat anda jika berbeda pandangan. Bisa jadi saya salah. Ya, memang saya bisa salah.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Hukum. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s